9 Kata-Kata Bijak Bob Sadino

Ada beberapa kutipan Bob Sadino yang menjadi favorit. Diantaranya:

Bob-Sadino.jpg

Nah, itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa aku suka menulis. Harapannya, semoga ilmu dan pengetahuan yang aku dapatkan selama hidup dapat bermanfaat oleh banyak orang. Sehingga aku tidak mati sia-sia. ๐Ÿ™‚

bob-sadino.png

Tidak ada kesuksesan yang instan. Selama masih di bawah umur 30 tahun, kau masih ada kesempatan untuk pulih.

bob-sadino-bob.jpg

Jangan terlalu banyak ide. Fokuslah pada satu hal dan tekuni. Semakin fokus, maka semakin besar peluangmu untuk sukses.

Bob-Sadino-I-Hate-Monday.jpg

Sama seperti Om Bob. Sejak kecil aku tidak punya cita-cita untuk menjadi pegawai. Aku senang belajar. Tapi aku benci sekolahan. Aku lebih suka mengikuti seminar-seminar dan membuka usaha. Bagiku, sekolah diciptakan untuk menjadikan kita professional. Atau dengan kata lain kita dipersiapkan untuk menjadi pegawai. Sudah begitu, kita dituntut bekerja seumur hidup dan pemerintah mengambil sebagian besar penghasilan kita melalui pajak.

“Pegawai bekerja keras agar tidak dipecat dari perusahaan, sedangkan pemilik perusahaan membayar seperlunya agar pegawai tidak keluar”

bob-sadino-pengusaha-sukses-indonesia.jpg

Kebanyakan orang menuntut ilmu tinggi-tinggi, motivasinya hanya satu: Agar menjadi professional, bisa melamar pekerjaan di perusahaan yang bagus dan mendapatkan banyak uang. Sementara orang kaya/entrepreneur tidak membutuhkan skill ketrampilan itu. Karena yang dipelajari orang kaya adalah membangun sistem dan mengelola jaringan atau sumber daya manusia. Mereka berjuang keras untuk sukses agar bisa membayar para pelamar kerja.

ide-gila-bob-sadino.jpg

Itulah pemikiran ‘ajaib’ Om Bob atau yang memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino. Karena memiliki banyak keterbatasan, beliau akhirnya membayar orang lain untuk membantu menjalankan usahanya agar usahanya makin maju dan berkembang.

kata-bijak-bob-sadino.jpg

Hal yang serupa juga dialami oleh Pak Bob. Beliau mengaku ketika jaman sekolah atau di bangku perkuliahan beliau tidak terlalu pintar(tentu saja! Karena yang dipelajari seorang bos dan karyawan itu beda!). Pun beliau bukan lulusan kampus bergengsi seperti UI, IPB, ITB, dan lain sebagainya. Hanya sebuah kampus biasa yang jarang diketahui orang. Tapi sekarang, beliau berhasil membangun sebuah perusahaan properti yang omzetnya sudah triliyunan banyaknya.

Nggak cukup sampai di situ, beliau juga mempekerjakan teman-temannya yang dulu rangking ketika masih di bangku sekolahan/perkuliahan. Itulah rahasia kenapa perusahaan Pak Bob maju pesat. Sebuah contoh nyata yang ada di depan mata. Bahwa pegawai yang memiliki sebuah intelegensi tinggi turut mengambil andil yang besar atas kemajuan sebuah perusahaan. Kata Pak Bob, untuk mendapatkan pegawai yang tepat, ada tiga karakter yang harus dimiliki. Yaitu: INTEGRITAS, INTELEGENSI, ANTUSIAS. Jadi nggak sembarang orang beliau rekrut jadi pegawai ya… ๐Ÿ™‚

kata-kata-motivasi-bob-sadino.jpg

Sama seperti Pak Bob, meskipun sudah kaya raya beliau orang yang sangat rendah hati. Beliau juga suka bertemu dengan orang baru. Hampir di setiap kesempatan yang beliau punya, beliau luangkan waktu untuk hadir dalam seminar dan bertemu dengan semakin banyak orang. Dari pertemuan itu beliau mendapat banyak ilmu dan bisa melakukan kerja sama bisnis.

mencari-kegagalan.jpg

Di sekolah kita selalu diajarkan untuk tidak melakukan kegagalan. Karena setiap kita melakukan kegagalan, selalu dimarahi, diejek, atau diberi punishment bukan? Padahal dari kesalahan/kegagalan itu ada banyak sekali yang bisa pelajari. Ada pepatah mengatakan, “Kamu belum benar-benar belajar kalau belum melakukan kegagalan.”. Jadi jangan takut gagal, karena kesuksesan lahir setelah kita melakukan beberapa kegagalan. ๐Ÿ™‚

.

Jakarta, 14 Februari 2019 (17.50)

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s