Keseruan Acara Gathering Bersama Blogger Perempuan

Mungkin aku adalah anak rumahan.

Aku lebih suka menghabiskan waktu sendirian di kamarku tercinta daripada pergi hangout bersama teman-teman. Meskipun kamar kosku sederhana, tapi aku nyaman dan bersyukur bisa tinggal di sini.

Bertemu banyak orang di suatu event adalah satu dari lain hal yang aku hindari.

Are you introvert?

Yes, I’m!

Walau demikian, sebenarnya aku orang yang sangat menyukai tantangan dan mencoba hal baru. Aku suka pergi ke tempat-tempat yang bisa membuatku bertumbuh dan berkembang. Aku juga suka mempelajari hal baru dan bertemu dengan orang-orang yang menginspirasi. Salah satunya adalah event yang diadakan oleh komunitas Blogger Perempuan Network pada tanggal 16 Maret yang lalu.

Bertemu dan bertumbuh bersama melalui tulisan adalah hal-hal yang aku sukai. Jarang-jarang ada event kepenulisan berupa kelas blogger. I’m so excited!

Baca juga: Surat Cinta dari Blogger Perempuan, Diundang ke Acara Gathering!

Awalnya aku hanya iseng-iseng daftar dengan cara menunjukkan pageview blog selama sebulan terakhir. Meskipun belum banyak, aku bener-bener terkejut ternyata aku terpilih menjadi salah satu peserta bersama 29 blogger beruntung lainnya. Event ini diadakan di CoHive Plaza Kuningan Menara Selatan Lantai 9. Karena ngga terlalu jauh, akhirnya aku memutuskan untuk naik gojek saja menuju lokasi.

Pertama kali datang langsung disambut oleh bagian administrasi, setelah mengisi list kehadiran, kami mendapat merchandise dari ProPs, berupa googie bag, notes kecil, masker penutup muka dan pulpen. Terima kasih ProPs! 🙂

Setelah itu kami dipersilahkan untuk menikmati coffee break yang disediakan. Ada teh, kopi, dan kue-kue kecil yang menggugah selera. Kami berkenalan dan mengobrol santai bersama para blogger sebelum acara dimulai. Ternyata, kebanyakan dari mereka adalah para blogger senior dan telah mendulang banyak penghasilan dari blog. Rasanya seneng banget bisa sharing caring bersama mereka. 🙂

coffee-break.JPG
Keseruan kopdar bersama member @bloggerperempuan

Ini adalah kali pertama aku datang ke tempat ini. Markasnya Blogger Perempuan. Tempatnya sangat indah dan ciamik. Bahkan dari jendela kita bisa menikmati view kota Jakarta dari ketinggian loh. Asik kan?

Kelas blogger ini terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Mbak Nunik Utami, seorang professional blogger asal Yogyakarta yang tumbuh dan besar di Jakarta. Sesi kedua dibawakan oleh CEO ProPS(Google Channel Partner), mbak Ilona Juwita. Membahas tentang monetisasi melalui Google (Google Ad Monetization).

blogger-perempuan-gathering.JPG
Sesi 1 oleh Mbak Nunik Utami

Ternyata menulis blog yang google friendly dapat meningkatkan traffic/pengunjung blog kita lho. Semakin banyak traffic maka semakin banyak pula potensi revenue yang akan kita dapatkan.

Baca juga: Cara Paling Sederhana Belajar SEO

Ilona Juwita.JPG
Sesi 2 oleh Mbak Ilona Juwita

Apa itu ProPS?

ProPS adalah mitra saluran google untuk penerbit agar penerbit dapat meningkatkan pendapatan melalui monetisasi google(Google Ad Monetization). ProPS didirikan bertujuan untuk memaksimalkan potensi pendapatan mitra penerbit.

Intinya, ada dua cara monetisasi blog melalui google. Yang pertama, Google Adsense, dan yang kedua, Google Ad Manager. Bedanya, kalau google adsense kita mendapatkan dollar dari setiap klik iklan, sedangkan google ad manager kita akan mendapatkan dollar dari setiap impresi/keterlihatan iklan.

Wah! Kalau begitu…kayanya dengan google ad manager kita bakal auto kaya ya? Hehe. Tapi tak semudah itu ferguso! Ada beberapa hal yang harus kita penuhi agar blog/website kita diapprove oleh pihak google. 🙂

blogger-gathering.JPG
Keseruan belajar blogging bersama Blogger Perempuan Network

Setelah belajar tentang seluk beluk dunia monetisasi blog, ada demo masak membuat Salad Enak dari Endeus TV. Kalian juga bisa menyaksikan cara membuatnya di akun instagram @endeus.tv.

endeus-tv.jpeg
Demo masak membuat salad dan smoothies

Auto bikin snapgram!😅

salad-with-smoothies
Hasil jadinya

Kita juga diberi sample salad dan smothiesnya loh… 😀

Yummy! 😋

salad-smoothies.jpeg

Selesai acara pada pukul 1 siang lalu kami menikmati dessert dan makan siang. Setelah itu, tak lupa juga kami mengabadikan momen yang berharga dengan berfoto bersama.

BPN-ProPs-Indonesia.JPG

Terima kasih Blogger Perempuan dan Props.Id! 🙂 []

Iklan

Satu tanggapan untuk “Keseruan Acara Gathering Bersama Blogger Perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s