SEBENTAR LAGI WISUDA! Kuliah di Kampus Bisnis, Ngapain Aja?

close up of apple on top of books
Photo by Pixabay on Pexels.com

Tidak terasa, 5 bulan lagi wisuda. Mungkin ini akan terasa cepat sekali pada akhirnya. Yuk intip apa kegiatan saya dalam 5 bulan terakhir di Kampus Bisnis Umar Usman…. 🙂

04 Maret 2019-15 Maret 2019: BUSINESS PERFORMANCE 1 DAN UJIAN HAFALAN AR-RAHMAN

Setelah 1 bulan magang di Perusahaan Properti, awal bulan Maret saatnya Business Performance, yaitu presentasi laporan hasil magang dan juga laporan perkembangan bisnis dalam 6 bulan terakhir. Agak deg-deg an juga sih. Soalnya dosen pengujinya sudah agak berumur dan belum pernah mengajar di kelas saya. Tapi Alhamdulillah, ternyata beliau orangnya baik dan sangat peduli dengan bisnis kita. Apapun kendala kita Insyaallah beliau akan memberikan solusi terbaiknya.

Ketika presentasi bisnis maupun hasil magang yang digelar selama satu minggu, setiap mahasiswa tidak diharuskan masuk setiap hari. Melainkan masuk pada hari presentasi saja. FYI, tiap kelas cuma berisi 10 orang. Tapi meskipun cuma 10 orang, selesai kelasnya malam wkwkw. Karena lebih banyak konsultasinya. Dan kita diperbolehkan konsultasi sampai puas selama presentasi. Yeay!

Ohya, perkelas juga dibedakan berdasarkan jenis bisnisnya loh. Ada kelas kuliner, kelas jasa, kelas fashion, dll. Dosen pengujinya pun yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya.

Selain presentasi, juga ada ujian hafalan surah Ar-Rahman, karena hafal Surah Ar-Rahman adalah salah satu syarat wajib kelulusan di Kampus Bisnis Umar Usman.

18 Maret 2019 – 20 Desember 2019: CAMPRENEUR

Seperti namanya, pada tanggal 18 Maret alias minggu depan, kampus akan mengadakan camp yang kedua. Kalau camp yang pertama di Kampoeng Awan Puncak Bogor, campreneur yang kedua mau belajar dimana yaa? ^ ^ #masihdirahasiakan

Belajar bisnis di Kampus Umar Usman tak melulu di gedung. Tapi juga di alam bebas sambil berlibur.

25 Maret 2019 – 18 April 2019: PERKULIAHAN SOCIAL PROJECT COLLABORATION(SPC)

Kalau di kampus lain, SPC bisa juga disebut KKN(Kuliah Kerja Nyata). Hanya beda penamaan saja. Tapi sama-sama terjun langsung ke masyarakat, untuk tujuan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah. Dan kegiatan SPC ini hanya dilangsungkan selama 3 hari untuk membangun desa. Tapi sebelum kegiatan SPC, ada mata kuliah SPC dari kampus selama 1 bulan untuk pembekalan.

22 April 2019 -24 April 2019: PELAKSANAAN SOCIAL PROJECT COLLABORATION

Bismillah, semoga pelaksanaan SPC tahun ini di Desa Cihamerang diberi kelancaran.

02 Juli 2019 – 17 Juli 2019: BUSINESS CONVERSATION

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggis dalam dunia bisnis atau perdagangan serta mampu menerapkannya dalam praktik bisnis masing-masing.

05 Juli 2019 – 6 Juli 2019: COACHING #5

19 Juli 2019 -20 Juli 2019: COACHING #6

26 Juli 2019 – 28 Juli 2019: INTERNATIONAL CHALLENGE

International challenge merupakan salah satu agenda kampus untuk membentuk jiwa entrepreneurship pada mahasiswa. Selain International Challenge, yang sudah dilakukan ada challenge dalam kota(Bogor, Jakarta) dan luar kota (Bandung, Cirebon, dll) Agenda challenge ini mengajarkan kita tentang bagaimana rasanya hidup di titik terendah dan bagaimana cara berbisnis modal dengkul, heheheh.

02 Juli 2019 – 27 Juli 2019: PENDAFTARAN SIDANG AKHIR UMAR USMAN

Sidang akhir? Lalu sidang awalnya kapan? Sidang awalnya yaitu saat pelaksanaan Business Performance 1.

27 Juli 2019 – 08 Agustus 2019: PENDAFTARAN WISUDA

06 Agustus 2019 – 17 Agustus 2019: UJIAN HAFALAN AR RAHMAN DAN AL WAQI’AH

20 Agustus 2019-24 Agustus 2019: REMEDIAL DAN PERBAIKAN

.

Q&A

Wisudanya kapan?

Insyaallah bulan Agustus. Karena dulu kami mulai masuk kuliah pada bulan September.

Kapan skripsi?

Tidak ada skripsi. Adanya tugas akhir(Business Performance 2) 🙂

Berapa biaya kuliah reguler selama 1 tahun?

34juta belum sama wisuda, International Challenge, setoran profit, modal bisnis, dll

Yang sudah termasuk: Biaya gedung, biaya matrikulasi, seragam, agenda di luar kampus, dll

Ada pertanyaan lain?

NB: Tanggal yang tertera hanya perkiraan saja dari akademik

Iklan

Prepare for Hidden City Challenge!

photo of train
Photo by Lucas Prado on Pexels.com

Hola!!! Di malam yang hening ini…Yang biasanya aku langsung tidur malam ini aku kepikiran sesuatu.

Apa itu??

CHALLENGE!!!

Waduuh, mana bisa tidur setelah seharian dihantui oleh pengumuman bahwa hari Senin depan, tanggal 28 Januari 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 30 Januari 2019, Kampus akan mengadakan City Challenge di tempat antah berantah yang sampai saat ini masih belum diberitahukan tempatnya dimana. Yang pasti sih, di luar Jakarta. Ya, di luar JABODETABEK tepatnya. :’)

#harapbersabariniujian

Sebenarnya apa sih pengertian ‘challenge’? dan untuk apa?

City Challenge adalah sebuah program wajib dari kampus yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Kampus Bisnis Umar Usman tanpa terkecuali, dan diwajibkan menyelesaikan ‘tantangan’ pada waktu tertentu bertempat di luar Jakarta.

Pada challenge-challenge yang sebelumnya nih (baca juga: Klasemen Challenge Selling Skill: “Berjualan di Monas, Bolehkah?”), ibarat kata kita dibuang di suatu tempat dan diharuskan untuk kembali ke kampus dengan selamat, tanpa dibekali benda secuilpun kecuali baju yang melekat di badan. Kalau challenge lokal yang pertama kali banget, kita tidak ada target profit, beda dengan city challenge dimana selama tiga hari, di luar kota, tanpa membawa apa-apa(gembel dah), kita juga ditantang untuk mendapat profit bersih sebesar Rp2.000.000!!! Alias ga dipake buat makan, buat nginep, buat transport, dll. WOW! Kira-kira jualan/jasa apa yang dapat menghasilkan uang sebesar Rp2.000.000 dalam waktu tiga hari???!

For your information, di Kampus Umar Usman itu ada 5x challenge UTAMA. 3 challenge lokal(di sekitar Jabodetabek), 1 challenge luar kota, dan yang terakhir International challenge yang tentu saja di luar negeri. Whuu…Sangat seru sekali bukan? (Tapi yang terakhir ini opsional sih)

Kita juga akan mendapat challenge tambahan kalau gagal mendapatkan profit seperti yang ditargetkan oleh kampus(min 200rb/bln pada semester 1, dan min 600rb/bln di semester 2). Dengan harapan, uang dari challenge tersebut dapat menutupi kekurangan setoran profit para mahasiswa. Seleksi alam pun membuktikan, banyak mahasiswa yang gugur pada semester pertama kuliahnya.

Jadi sudah pada paham kan, INTI dari CHALLENGE itu apa?

Secara garis besar, target yang didapat dari diadakannya CHALLENGE ada dua: Pengembangan Diri, dan Profit. Dengan rincian sebagai berikut ini:

  1. Pengembangan diri

a. Berani berbicara ke orang lain

b. Mampu melihat peluang dan mengeksekusi peluang

c. Inisiatif dalam mengambil proses

d. Bertanggungjawab dan berkontribusi untuk tim

e. Mampu memecahkan masalah

f. Empati(setia kawan)

g. Mandiri

     2. Profit

a. Setiap kelompok minimal 2jt

b. Wajib disetorkan ke kampus

c. Uang profit akan dikembalikan setelah kegiatan selesai

Karena City Challenge ini diadakan di luar kota, seluruh mahasiswa diwajibkan untuk datang ke kampus hari Minggu malam maksimal pukul 22.00.  Karena hari Senin pukul 05.00 kita sudah berangkat ke lokasi menggunakan bus. WAW!!!

Q&A

  1. Q: Nanti dimana Mr?

          A: Bukan soal kemana dan dimana kalian nanti. Tapi soal dengan siapa kalian berjuang.

       2. Q: Saya sekelompok sama siapa Mr?

           A: Kalian akan dipertemukan dengan orang-orang yang sevisi. Dan merekalah partner terbaik kalian saat itu.

Challenge inilah yang pada akhirnya akan membuktikan tentang seberapa seriusnya lo belajar di Kampus Bisnis Umar Usman. Tentang seberapa seriusnya lo ingin menjadi pengusaha. Karena hanya yang benar-benar seriuslah yang akan menjadi pemenangnya. {}

Jakarta, 25 Januari 2019 (00.53)

 

Kilas Balik

woman sitting on top of building s edge
Photo by Oziel Gómez on Pexels.com

Hari ini sebenarnya kampus libur. Tapi secara spesial hari ini ada kelas tambahan. Yaitu pembekalan magang dari para dosen daan, UJIAN KOGNITIF. Mungkin di post sebelumnya gue udah pernah cerita kalau di kampus UU nggak ada yang namanya ujian semester. Adanya ujian kognitif yang diadakan tiap akhir bulan, setiap satu mata kuliah selesai. Karena mata kuliah yang sudah selesai di bulan-bulan sebelumnya tidak akan diulangi lagi di bulan-bulan berikutnya. Jadi jangan heran ya, kalau nilai Indeks Prestasi keluar setiap bulannya. :’Yang gue ga nyangka, kenapa bulan ini berjalan begitu cepat. Karna suka kali ya?

Kalau ditanya, ilmu apa yang paling ingin dipelajari di Umar Usman, jawabannya ya…Internet Marketing! Sedoyan itu gue sama IM. Padahal kalau kuliah di UU pastilah untuk menjadi seorang pengusaha yang tangguh, harus memiliki kemampuan dalam segala aspek dong, nggak hanya Internet Marketing doang. Dan, well…Setelah ditilik lebih dalam, Internet Marketing ga segampang yang gue kira. Butuh kesabaran, keuletan, dan ketekunan yang berkelanjutan.

Kuliah…

Emang kuliah gampang?

Gue yakin di kampus-kampus lain pun sama. Ga ada namanya kuliah yang gampang. Semua pasti memiliki tingkat kerumitannya masing-masing. Tinggal, potensi kita dimana? Apa yang ingin kita pelajari??

Dulu pernah, gue ingin kuliah psikologi, sastra, tata boga. Tapi takdir mengatakan lain. Gue diterima di Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT. Setelah satu semester gue jalanin, ehh. Kok minat gue ga di situ ya? Gue ga suka! Gue cuma mau belajar di mata kuliah yang gue suka! Dan akhirnya ketemulah Kampus Bisnis Umar Usman. Tak pernah terbayangkan sebelumnya bakal kuliah di situ. Dan kabar baiknya, gue bahagia dengan keputusan gue. Oleh karena itu, gue berjanji akan menerima segala konsekuensi yang bakal terjadi dan akan menjalaninya sampai tamat. Karena itu adalah salah satu bentuk komitmen gue dengan orangtua. {}

Jakarta, 24 Januari 2019 (22.26)