Operasi Bedah Mulut, Mengangkat Kista dari Gusi!

Setelah beberapa minggu yang lalu aku scaling gigi, akhirnya kemarin jadi juga cabut gigi di FKUI Salemba, Jakarta Pusat.

Dulunya aku tidak mengetahui tentang seberapa pentingnya perawatan gigi. Dan, aku benar-benar merasa bersyukur banget telah dikenalkan dengan rumah sakit kesehatan UI ini. Aku benar-benar merasa sangat beruntung. Coba kalau aku nggak ke sana, pasti…Aku menderita di masa tua nanti.

Ternyata, selain kita harus rajin menyikat gigi sebelum tidur dan di pagi hari sesudah sarapan kita juga dianjurkan untuk periksa gigi tiap 6 bulan sekali. Jangan nunggu sakit gigi dulu baru ke sana, lebih baik selalu kontrol kesehatan gigi agar tidak kecolongan.

Kista gigi contohnya. Datangnya tak disadari. Tau-tau sudah menggerogoti gusi dan…tidak ada gejala apapun mengenai kista gigi ini. Dokter pun juga tidak akan tahu kita mempunyai penyakit kista gigi kecuali kita melakukan rontgen gigi.

rontgen-gigi-bawah
Rontgen gigi untuk mengetahui kesehatan gigi. Yang dilingkari adalah yang akan dioperasi

Kista gigi umumnya berupa kantong berisi cairan dan ada gigi pada kantung cairan tersebut sehingga dinamakan demikian. Keluhan dari penderita kista gigi antara lain adalah rasa sakit pada gigi, kelemahan rahang, serta gangguan pada fungsi gigi dan jaringan mulut. Kista tersebut berisi cairan, semi cairan atau gas yang dibatasi oleh epitel atau jaringan ikat. Setelah diangkat, bentuknya semacam gumpalan daging berwarna merah yang sedikit menjijikkan.

Penyebab kista gigi:

1. Trauma
2. Cedera pada area gusi dan gigi.
3. Sindrom genetik pada kasus yang cukup langka, seperti misalnya Sindrom Gorlin.
4. Gangguan pada pertumbuhan gigi sehingga gigi tidak berkembang dengan cukup baik sehingga gigi malah justru bisa terbenam di dalam gusi.
5. Perawatan gigi tidak dilakukan secara baik dan benar

Jujur aku baru pertama kali mengetahui tentang kista gigi ini selama seumur hidupku. Bersyukur aku belum pernah merasakan sakit gigi seperti yang aku alami ketika SD(waktu itu emang malas-malasnya parah si). Tapi you know what, kista gigi sudah menggerogoti gusiku di tiga titik. Yaitu kanan atas, kanan bawah, dan kiri bawah. Mau nggak mau gigi yang di bawahnya muncul kista gigi harus segera diamputasi(baca:dicabut).

Tapi ga bisa sekaligus. Satu-satu. Kemarin bagian kanan bawah, dan minggu depan yang kiri bawah. Minggu depannya lagi kanan atas. Ohya, karena kista gigi di bagian kanan bawah sudah melebar, jadi gigi yang diangkat sebanyak 2 biji. Aku pikir, ini emang the real operasi sih. Gimana enggak, bagian dalam gusi yang paling ujung disuntik lebih dari 5x, lalu gigi diangkat menggunakan tang yang besar banget, setelah itu gusi dikeruk dengan benda-benda super tajam untuk menghilangkan kista giginya. Kalo dipikir-pikir, serem juga sih. Apalagi aku baru pertama kali.

Tapi percaya deh. Nggak sakit kok. #lho.
Iya. Selama operasi aku bener-bener merem ga berani ngeliat apa-apapun, karena dengan melihat alat-alat tajam itu sudah membuatku ketakutan sendiri. Suntikan pertama, terasa sakiiit banget. Aku diminta ambil napas dalam-dalam lalu dikeluarkan secara berulang-ulang. Udah kek mo ngelahirin aja hahah. Suntikan kedua hingga suntikan yang terakhir rasa sakitnya mulai berkurang. Yang terakhir ga sakit sama sekali malah. Suntikan itu berfungsi untuk menidurkan sel-sel syaraf gigi bagian kanan yang akan dioperasi. Termasuk lidah juga kehilangan indra pengecap untuk sementara.

Aku bener-bener ga nyangka bisa melewati ini semua. Karena di awal sudah terlihat begitu menyeramkan.

Pesanku kepada kalian semua, rajinlah menggosok gigi atau kalian akan kehilangan banyak gigi sebelum waktunya. Dan, rutinlah memeriksa gigi di rumah sakit gigi atau kalian akan kecolongan. Jangan pernah sekali-kali meremehkan akan kesehatan gigi. Karena akibatnya bisa fatal.

Inget ya, kalo kista gigi ini munculnya tanpa disadari. Aku aja ke rumah sakit gigi sebenarnya bukan untuk mengangkat kista gigi, eh setelah dirontgen ternyata kista gigiku sudah lebar sekali. Mau nggak mau harus operasi sebanyak 3x untuk mengangkat kista gigi, sebelum kista giginya semakin melebar dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

.

Jakarta, 26 Februari 2019 (19.53) 

Iklan